Selasa, 05 Oktober 2010

Cara Mengakses ke Internet

Cara Mengakses Internet

Akses internet merupakan langkah kedua dilakukan oleh seorang pengguna jaringan
internet, setelah ia terkoneksi ke internet. Untuk kebutuhan akses internet tersebut, secara garis
besar dapat diketegorikan ke dalam 4 jenis aktifitas, yaitu browsing, resourcing, sarching dan
communicating.

Pendahuluan
Pada Modul 1, telah dilakukan pengkonfigurasian koneksi ke internet, dengan
menggunakan dua metoda, yaitu koneksi melalui suatu LAN, misalnya LAN UNP, dan koneksi
melalui dial-up modem, maka pada Modul 2 ini akan dibahas pemanfaatan akses internet tersebut
untuk kebutuhan proses pembelajaran, baik sebagai sumber (resources), maupun sebagai alat
bantu dalam berkomunikasi dan mempublikasikan materi ajar.
Pada Modul 2 ini akan dibahas, beberapa sub topik, yang berhubungan dengan akses
internet dan hubungannya dengan pendidikan dan pembelajaran, antara lain : browsing, resourcing,
searching, electronic mail, mailinglist.

1. Internet Browsing
Browsing merupakan aktifitas utama yang dilakukan seorang user paa saat mulai mengakses
internet. Setelah melakukan konfigurasi terhadap koneksi Internet, sebagaimana telah dibahas
pada Modul 1, maka terlebih dahulu kita mengenal bagian-bagian sebuah web browser, dalam
latihan ini digunakan Internet Explorer (IE).
Langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk browsing :
a. Aktifkan browser dengan mengklik double IE
b. Pastikan alamat situs yang akan dikunjungi, misalnya http://kolontkorotukur.blogspot.com
c. Tekan ENTER atau klik
d. Tunggu beberapa saat hingga tampilan keseluruhan selesai dan tertulis DONE di status bar.
e. Jika ingin membuka halaman baru dengan web page yang sama dapat dilakukan dengan
cara Klik File New Window, atau dengan menekan tombol CTRL+N
f. Kalau sudah selesai IE dapat ditutup dengan menekan tombol close ( X )atau menu File
Close
Menambahkan ke data situs favourite :
Jika suatu situs sering akan digunakan, maka dapat di daftarkan ke dalam menu favorite dengan
cara :
a. Klik menu Favorites,
b. Kemudian pilih Add to favorites,
c. masukkan alamat situs yang akan didaftarkan. Atau dengan jalan klik tombol Favorites
d. Sehingga akan tampil halaman penambahan situs favorit.
Menyimpan Web Pages
Untuk menyimpan data hasil browsing dapat dilakukan melalui 3 cara :
a. Simpan ke hard disk seluruh halaman web
b. Simpan data text saja
c. Simpan seluruh halaman situs (bukan web pagesnya saja)
Simpan ke Hardisk
a. Klik File
b. Pilih Save as, kemudian pilih lokasi folder penyimpanan
c. Klik tombol Save
d. Hasil penyimpanan berupa file dengan extension *.html
Simpan data text saja
a. Blok halaman web yang akan diambil textnya saja dengan cara men-dragging kursor
mouse hingga ke batas pemblokan
b. Klik kanan, pilih Copy atau tekan tombol CTRL+C
c. Buka Microsoft Word atau Pengolah Text lainnya, kemudian klik kanan mouse dan pilih
Paste pada halaman word tersebut atau dengan menekan tombol CTRL+V
Simpan seluruh situs dan link-nya
a. Dalam kasus ini kita membutuhkan software third party, yang berfungsi untuk mengkopi
seluruh halaman web, misalnya Web Copier, Web Mirroring, Web Client dan sebagainya.
b. Untuk menggunakannya, mengikuti tata cara yang disediakan oleh software tersebut.

2. Internet Resourcing
Internet resourcing, menjadikan internet sebagai salah satu sumber bahan pengajaran, yang
dapat dimanfaatkan oleh seorang dosen/ guru.
Misalkan dalam mata kuliah X, direncanakan untuk menggunakan buku ABC sebagai buku
pegangan kuliah, maka sumber dari buku tersebut dapat cari di Internet. Sebagai contoh dalam
mata kuliah Sistem Operasi Jaringan, digunakan buku Linux Device Driver, maka resources
dari buku tersebut dapat dicari di Internet
Langkah-langkah Internet Resouces :
a. Tentukan buku pegangan yang akan digunakan
b. Berdasarkan informasi yang diberikan pada buku pegangan tersebut diberikan alamat
resource sebagai berikut : http://www.xml.com/ldd/chapter/book, kemudian alamat tersebut
dikunjungi, sehingga diperoleh file-file pendukung untuk keperluan pengajaran

3. Searching
Seringkali ditemui kenyataan, bahwa bahan referensi bahan ajar tidak dilengkapi dengan
alamat resources yang dapat diakses, maka untuk mendapatkan bahan ajar yang dibutuhkan,
dapat dilakukan dengan proses pencarian (searching) dengan menggunakan fasilitas Search
Engine yang tersedia di Internet.
Terdapat begitu banyak search engine yang dapat digunakan untuk mencari bahan di Internet,
seperti search engine Google, Yahoo, Altavista dan lain-lain. Namun search engine yang cukup
populer digunakan adalah Google. Dalam latihan ini digunakan search engine Google sebagai
sarana latihan.
Langkah searching dengan search engine google.
a. Buka browser, ketikkan alamat www.google.com pada Address Bar IE
b. Masukkan kata kunci yang akan dicari, misalnya Jaringan Komputer
c. Tekan tombol Search
d. Tunggu proses selesai, kemudian lihat daftar hasil searching, seleksi berdasarkan sinopsis
singkat tentang link yang di dapat, jika sesuai dengan yang diharapkan maka buka halaman
web tersebut, jika tidak abaikan saja.
e. Jika format data yang diberikan dalam bentuk file tertentu, misalnya PDF, PPT, DOC yang
ditandai dengan tanda kurung [tipe file], maka file ini dapat secara langsung di download
secara normal atau menggunakan download accelerator seperti Flashget, GetRight, DAP
dan sebagainya.
Langkah Download hasil searching.
a. Download secara normal dengan cara klik kanan pada lokasi web yang akan dibuka,
kemudian pilih Open atau Open in New window.
b. Download dengan download accelerator, sama speerti langkah di atas, kemudia pilih
Download using Flashget, GetRight, DAP dsb tergantung jenis Download accelerator yang
digunakan.
c. Setting untuk download accelerator tergantung kepada jenisnya
4. Electronic Mail
Untuk dapat memanfaatkan layanan e-mail, maka kita harus memiliki alamat account email,
dengan cara mendaftarkan diri ke server alamat e-mail yang akan kita tuju.
Langkah pendaftaran adalah sebagai berikut :
1. Aktifkan browser IE atau Netscape
2. Ketikkan alamat mail server tempat mendaftar, misalnya http://mail.yahoo.com
3. Kemudian pilih Sign Up Now, tunggu hingga tampilan formulir pendaftaran terbuka
4. Kemudian akan tampil halaman pendaftaran, yang berupa blanko isian yang harus disi
dengan lengkap, karena data ini akan menjadi referensi bagi yahoo tentang identitas
usernya.
5. Isi lengkap formulir, kemudian tekan Submit this Form
6. Hati-hati dalam memasukkan data password, jangan gunakan password yang susah untuk
diingat, tetapi gunakanlah password yang mudah untuk diingat kembali, karena akan selalu
digunakan pada saat masuk ke mail yahoo.
7. Identitas yahoo anda, akan dicatat pada kotak isian *YahooID, isilah identitas Yahoo yang
diinginkan, perlu diingat bahwa bisa saja id yahoo yang dimasukkan sudah digunakan oleh
orang lain.
8. Kemudian setelah diisi lengkap, nyatakan persetujuan terhadap perjanjian yang dikeluarkan
yahoo, dengan mengklik tombol I agree atau Setuju.
9. Jika ada data yang tidak lengkap yang dimasukkan, maka akan muncul peringatan, tentang
data tersebut yang harus dilengkapi kembali, termasuk jika yahooID yang anda tulis telah
digunakan oleh orang lain, tulis id baru, hingga peringatan dengan tanda kuning tidak
muncul lagi
10. Setelah informasi diperbaiki, maka kemudian akan muncul informasi pendaftaran Yahoo
ID telah berhasil
11. Setelah anda selesai mendaftarkan diri ke Yahoo, anda dapat menguji dengan login sebagai
user baru di mail Yahoo. Masukkan YahooID dan Password yang telah didaftarkan.
Langkah membuka halaman Web Mail :
a. Ketikkan alamat server mail pada browser : http://mail yahoo.com/
b. Masukkan user id dan pasword untuk login ke server mail
c. Klik tombol Masuk
d. Setelah login, maka kita akan berada di halaman acoount e-mail yang kita miliki
Langkah membuka Mail :
a. Saat berada di halaman account e-mail, pilih check e-mail
b. Klik inbox
c. Klik subject e-mail yang akan dibuka pada daftar inbox mail
Langkah mengirim Mail :
a. Klik Compose
b. Isi daftar alamat To, Cc, Bcc dan Subject e-mail (To = alamat yang akan dituju, Cc =
alamat penerima copyan e-mail pertama, Bcc = alamat penerima copyan e-mail kedua)
c. Ketikkan isi pesan pada fasilitas text editor yang disediakan
d. Untuk mengirim klik tombol Send
Langkah mengirim Attachment File dengan e-mail :
a. Saat mengirim suatu e-mail, sebuah pesan kadang dilampirkan dengan suatu file bawaan
(attachment), misal file hasil koreksian TA mahasiswa
b. Setelah menulis isi pesan, untuk menambahkan file tumpangan, klik [Attachment Files]
pada halaman Compose, sehingga tampil halaman attachmen files
c. Kemudian tumpangkan file yang akan dikrim dengan mengklik tombol Browse, dan
tentukan lokasi filenya.
d. Jika lebih dari 1 file, maka dapat ditambahkan dengan file ke 2 dan ke 3, dengan langkag
yang sama seperti pada langkah di atas.
e. Kemudian klik tombol Attach Files
5. Mailing List
Mailing list berarti daftar alamat E-mail untuk setiap orang yang ingin menerima mail
tentang topik tertentu. Mailing List atau Milis (kadang disebut posting), pada dasarnya masih
merupakan komunikasi dengan memanfaatkan layanan e-mail, yakni mengirim dan menerima
E-mail ke dan/atau dari sekelompok orang dengan tujuan penggunaan sebagai sarana diskusi,
yang biasanya dikelompokkan berdasarkan topik diskusi, kelompok tertentu atau
pengelompokan lainnya.
Sebuah mailing list mempunyai moderator yang akan meninjau dan menentukan apakah
mail dapat dikirim ke setiap orang yang ada didaftar. Sehingga diskusi tetap terfokus. Sebagai
moderator daftar mailnya ada yang manusia dan ada juga yang berupa software komputer yangmemngijinkan seseorang berlangganan (subscribe) atau mencabut langganan secara otomatis (unsubscribe). Namun banyak juga daftar mailing list yang tanpa moderator, dan hal itu adalah lumrah. Terdapat dua jenis mailing list dasar yang besar: mailing list Internet dan mailing list jaringan Bitnet (Because Its Time Network). Semua mailing list Bitnet kegiatan administrasinya diotomasi oleh software komputer yang disebut LISTSERV singkatan dari list server (server daftar), yang akan mengatur secara otomatis untuk berlangganan atajupun berhenti berlangganan pada mailing list-nya.
Misalnya : Alamat milis : dosen_elk@yahoogroups.com
Dalam contoh di atas menunjukkan suatu komunitas diskusi dan komunikasi dosen-dosen
elektronika yang terdaftar pada server milisnya yahoo.com. Alamat milis pada dasarnya
hanyalah sebuah fasilitator dalam forum diskusi, karena di dalam alamat milis terdapat datadata
yang menampung alamat e-mail masing-masing anggota milis, sehingga jika ada satu
topik diskusi yang akan dibicarakan, maka topik tersebut oleh administrator milis secara
otomatis akan dikirimkan ke alamat e-mail setiap anggotanya.
Pendaftaran Mailing List via Web
1. Ketikan alamat mailing list server yang akan didaftarkan, misalnya
http://groups.yahoo.com
2. Kemudian klik tombol Join a group, kalau hendak mendaftar pada daftar mailing list yang
telah ada, namun jika akan membuat milis baru klik tombol Start a new group
3. Kemudian daftarkan nama group baru yang dimasukkan, setelah itu isi form pendaftaran
pada setiap langkahnya. Pada proses pmebuatan Mailinglist ini dilakukan pada 3 tahapan
dasar, ikuti sesuai panduan pada halaman webnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar